-->

TEKNIK MENGUKUR RESISITOR MENGGUNAKAN MULTIMETER ANALOG

Untuk mengetahui hambatan dari sebuah resistor dapat dilakukan dengan dua cara
·         Yang pertama kita bisa mengamati langsung nilai gelang warna pada resistor
·         Yang kedua bisa langsung menggunakan alat ukur yaitu multimeter analog atau digital
Untuk postingan ini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana cara mengukur resistor menggunakan multimeter Analog. Multimeter Analog adalah multimeter yang menggunakan jarum penunjuk.
Tahapan Mengukur Resistor
Untuk mengukur nilai resistor , membutuhkan contoh  beberapa resistor dan alat ukur multimeter analog. Inilah tahapan mengukur resistormenggunakan multitester analog :
  • Pertama pilihlah skala yang akan digunakan untuk mengukur, pemilihan skala menentukan keakuratan hasil pembacaan pengukuran, pada multitester analog terdapat banyak pilihan skala untuk mengukur resistor antara lain  X1, X10, X1K, X100K.
o    Sebagai contoh untuk mengukur resistor yang mempunyai hambatan 1Ω - 50Ω sebaiknya kita menggunakan Skala X1, untuk mengukur resistor yang mempunyai hambatan 10Ω - 500Ω sebaiknya kita menggunakan Skala X10, contoh lain untuk mengukur resistor yang mempunyai hambatan 1KΩ - 100KΩ sebaiknya kita menggunakan Skala X1K  demikian seterusnya, skala ukur mengikuti nilai hambatan yang kita ukur.

avo meter


  • Kedua kalibrasikan dahulu multimeter  yang akan digunakan , dengan cara hubungkan probe positip dan negatip multimeter dan putar knob trimmer OΩADJ sambil melihat jarum multimeter menunjukan skala berada pada sebelah kanan dan tepat menunjukkan angka “0” , ini dilakukan setiap kali kita pindah skala ukur pada multitester ( X1, X10, X1K, X100K ).
 
avo meter


 
  • Ketiga membaca nilai pengukuran pada resistor dengan cara mengubungkan kabel probe ke masing-masing kaki resistor. Untuk pengukuran resistor tidak ada pengaruhnya terhadap polaritas probe, kita bebas menghubungkan probe merah atau hitam ke salah satu kaki resistor. dan amati angka yang ditunjukkan oleh jarum multimeter. Jika jarum multimeter tidak bergerak atau hanya bergerak sedikit dari arah kiri, Anda harus mengganti nilai skala pengukuran menjadi 1 level lebih tinggi diatasnya. Selanjutnya  lakukan kalibrasi seperti langkah sebelumnya. Jika skala pengukuran telah tepat, Anda dapat melihat nilai yang ditunjukkan oleh jarum. Nilai dari resistor yang terukur merupakan nilai yang ditunjuk oleh jarum multimeter dikali dengan skala pengukuran. Misalkan jarum menunjukkan angka 20 dan skala yang digunakan adalah X10. Maka nilai dari resistor yang diukur adalah 20X10 = 200 Ohm .
 

avo meter


 
Demikian cara mengukur resistor , semoga bermanfaat.

3 Responses to "TEKNIK MENGUKUR RESISITOR MENGGUNAKAN MULTIMETER ANALOG"

  1. Took me time to read all the comments, but I really enjoyed the article. It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commenters here! It’s always nice when you can not only be informed, but also entertained! 2cl2fm

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel