-->

Mengukur Transistor Menggunakan Tester Analog dan Digital (bag 1)



Bagi teknisi atau penyedia jasa service peralatan elektronika tentu dalam setiap analisa kerusakan barang elektronika tidak lepas dengan aktifitas ukur mengukur komponen yang tentunya dicuriagi penyebab kerusakan alat elektronika tersebut ,kali ini saya akan menyimpan catatan saya dalam mengecek/ mengukur transistor dengan tester analog maupun digital, hanya sebagai catatan bila suatu waktu saya lupa bisa di buka kembali catatan ini.

Perlu diketahui bahwa antara multimeter analog dengan multimeter digital terdapat perbedaan. Terutama perbedaan polaritas tegangan pada probe. Pada multimeter analog probe merah merupakan polaritas negatif probe hitam merupakan polaritas positif .Sedangkan pada multimeter digital probe merah merupakan polaritas positif dan probe hitam merupakan polaritas negatif. Hal ini membuat cara pengukuran transistor menggunakan multimeter analog dan multimeter digital menjadi berbeda. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Teknik Mengukur Transistor PNP Dengan Tester  Analog

Untuk melakukan pengukuran pada transistor PNP dengan menggunakan multimeter analog, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini :

Cara Mengukur Transistor Dengan Multimeter Analog
  1. Putarlah knob selektor pada tester  analog ke posisi Ohm (X1K atau X10K)
  2. Hubungkan probe merah pada pin basis (B) transistor dan probe hitam pada pin emitor (E). Jika jarum bergerak ke kanan menunjukan nilai tertentu, berarti transistor tersebut dalam kondisi baik , selanjutnya pindahkan probe hitam multimeter ke pin kolektor transistor (C), Jika jarum bergerak ke kanan menunjukan nilai tertentu, berarti transistor tersebut dalam kondisi baik
  3. Jika probe merah di letakan pada kolektor (C) atau emitor (E) dan probe hitam diletakan pada kaki basis (B) jarum tidak bergerak berarti transistor tersebut dalam kondisi baik, tapi kalao jarum menunjukan nilai tertentu maka bisa di pastikan transistor dalam keadaan rusak (Kosleti)
  4. Untuk mengetahui mana yang pin basis dan emitor Anda bisa mengacu ke datasheet transistor yang bersangkutan .
2. Mengukur Transistor NPN Dengan Tester Analog

Pengecekan pada transistor NPN caranya hampir mirip hanya warna probenya saja yang ditukar, lebih jelasnya silahkan lihat di bawah ini :
  1. Atur Knob selektor ke arah OHM (X1K atau X10K)
  2. Hubungkan probe hitam pada pin basis transistor (B) dan probe merah pada pin emitor (E), Jika jarum pada multimeter bergerak ke kanan menunjukan nilai tertentu, berarti transistor yang sedang Anda ukur dalam kondisi baik. Selanjutnya pindahkan probe merah ke pin kolektor (C),Jika jarum bergerak ke kanan menunjukan nilai tertentu, berarti transistor tersebut dalam kondisi baik.
  3. Jika probe hitam di letakan pada kolektor (C) atau emitor (E) dan probe merah diletakan pada kaki basis (B) jarum tidak bergerak berarti transistor tersebut dalam kondisi baik, tapi kalau jarum menunjukan nilai tertentu maka bisa di pastikan transistor dalam keadaan rusak (Koslet)

1 Response to "Mengukur Transistor Menggunakan Tester Analog dan Digital (bag 1)"

  1. Makasih mas penjelasan nya gampang di mengerti dalm hal belajar Elektronika jadi lebih mudah penerapan nya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel