-->

CARA MENGUKUR TRANSISTOR HORIZONTAL OUTPUT DENGAN TESTER ANALOG


CARA MENGUKUR TR HORIZONTAL OUTPUT DENGAN TESTER ANALOG
Hai sobat. Berhubung banyak pertanyaan bagaimana cara mengukur transistor horizontal output (sebenarnya aku juga heran mengapa banyak pertanyaan mengenai hal ini), maka kali ini kita akan membahasnya secara sederhana lebih untuk mengetahui rusak/tidak nya saja. Langsung saja ya..

Cara mengukur transistor horizontal output menggunakan multi tester adalah sebagai berikut:
Putar Knob  tester ke arah X10 ohm atau bisa juga di X1 ohm.
1.        Tempelkan Probe HITAM pada pin Basis Transistor lalu Probe MERAH di pin Colector Ket: Jarum tester bergerak ke kanan tapi tidak full, tandai berhentinya.

2.        Tempelkan Probe HITAM pada Basis Transistor lalu Probe MERAH di pin Emitor Ket: Jarum tester bergerak sama atau  sedikit lebih ke kanan dibanding pengukuran pertama.

3.        Tempelkan Probe MERAH pada pin Basis Transistor lalu Probe HITAM di pin Colektor. Ket: Jarum tester tidak bergerak.


4.        Tempelkan Probe MERAH pada pin Basis Transistor lalu pen HITAM di pin Emitor. Ket: Jarum tester bergerak seperti pengukuran di no.2

5.        Tempelkan Probe HITAM pada pin Colektor Transistor lalu Probe MERAH di pin Basis dan Emitor. Ket: Jarum tester tidak bergerak.

Jika hasil pengukuran (kurang lebih) tidak seperti di atas, bisa dipastikan Transistor Horizontal dalam keadaan Rusak. Maka solusinya  ganti dengan yang baru dan yang berkualitas baik.. sekian semoga bermanafaat.

1 Response to "CARA MENGUKUR TRANSISTOR HORIZONTAL OUTPUT DENGAN TESTER ANALOG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel