-->

Mengukur Transistor Menggunakan Tester Analog dan Digital (bag 2)


3. Teknik Mengukur Transistor PNP Menggunakan Tester Digital
Pada catatan  sebelumnya kita telah belajar bagaimana mengukur transistor menggunakan Tester Analog, untuk kali ini saya akan menulis bagaimana mengukur transistor menggunakan Tester Digital .
Cara Mengukur Transistor Dengan Multimeter Digital



  1. Pilih posisi selector switch ke arah dioda ( seperti gambar yang saya beri tanda panah di atas)
  2. Hubungkan probe hitam  ke pin basis (B) dan probe merah ke kaku pin emitor (E),Jika multimeter menunjukan nilai tegangan tertentu, berarti transistor yang diukur tersebut dalam kondisi baik,selanjutnya pindahkan probe merah ke pin kolektor (C), Jika multimeter menunjukkan nilai tegangan tertentu, berarti transistor tersebut dalam kondisi baik.
  3. Akan tetapi bila pada pengukuran di atas tester menunjukan angka yang mendekati nol (0) bisa dikatakan transistor udah koslet/rusak
4. Cara Mengukur Transistor NPN Dengan Multimeter Digital
Untuk  pengukuran pada transistor NPN caranya sangat mirip hanya warna probe yang ditukar
  1. Arahkan posisi selektor switch ke arah pengukuran dioda
  2. Hubungkan probe multimeter yang berwarna merah pada kaki basis transistor (B) dan probe hitam pada kaki emitor (E),Jika multimeter digital menunjukan nilai tegangan tertentu, berarti transistor tersebut dalam kondisi baik, selanjutnya pindahkan probe warna hitam ke pin kolektor transistor (C), Jika multimeter menunjukan angka tegangan tertentu, berarti transistor tersebut dalam kondisi baik.
  3. Akan tetapi bila pada pengukuran di atas tester menunjukan angka yang mendekati nol (0) bisa dikatakan transistor udah koslet/rusak
Sekian tulisan singkat ini mudah mudahan bisa bermanfaat …terima kasih

0 Response to "Mengukur Transistor Menggunakan Tester Analog dan Digital (bag 2)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel