-->

FUNGSI DARI GELOMBANG SINUS, GELOMBANG KOTAK, GELOMBANG GIGI GERGAJI





GELOMBANG adalah "perubahan" tegangan dalam satu waktu/durasi tertentu.

misalnya dalam satu detik, tegangan di titik A berubah berapa kali? Sehingga BENTUK gelombang adalah bentuk/cara tegangan berubah dalam satuan waktu.

Disini kita ambil contoh batasi waktu selama 10 detik sambil mengukur tegangan di suatu titik, maka :
1. bila tegangan yang terukur stabil dari mulai detik pertama sampai detik terakhir, maka tidak ada perubahan selama batas waktu yang kita tentukan, berarti cuma garis lurus selama 10 detik, berarti DC selama 10 detik.

2. bila tegangan di 2 detik pertama menunjukkan nilai tertentu (misal 5V), lalu 2 detik berikutnya tegangan hilang, 2 detik berikutnya tegangan ada lagi dan seterusnya hingga selesai 10 detik, maka jelas banget terjadi hidup-mati beberapa kali, lama hidupnya 2 detik, matinya 2 detik. Sehingga lebih mirip kardus yang tingginya 5 meter, lebar 2 meter, sebelahnya kosong sepanjang 2 meter, lalu ada kardus lagi tingginya 5 meter, sebelahnya kosong sepanjang 2 meter dan seterusnya hingga seluruhnya sepanjang 10 meter. Ini disebut gelombang kotak, karena perubahan tegangan mirip naik turun kotak/siku.

4. bila di detik pertama terukur 1v, detik ke dua naik jadi 2v, detik ketiga naik jadi 3v dan seterusnya sampai detik ke 10 jadi 10v. Setelah detik ke 10 lalu mengulang lagi dari 1 dan seterusnya.... maka seperti naik anak tangga, nyampe tangga ke 10 ditambah 1 langkah lagi maka turun  kembali ke 1 lalu naik tangga lagi dan seterusnya... sehingga misalnya digambar sampai detik ke 100, maka menjadi gambar deretan tangga (segitiga siku) sebanyak 10 segitiga... jadi lebih mirip deretan gigi gergaji atau deretan segitiga, atau gelombang gigi gergaji... karena naiknya tiap anak tangga nilainya 1, sehingga disebut gelombang segitiga linear (segitiga siku sama sisi).

5. Sedangkan gelombang sinus adalah perubahan tegangan yang mengikuti rumus trigonometri sinus. Jadi  ada gelombang cosinus juga.

Frekuensi adalah banyaknya pengulangan yang sama dalam satuan waktu. Gampangnya banyaknya putaran dalam satu waktu.
·         pada gelombang kotak, berarti banyaknya kotak pada satu waktu.
·         ada gelombang gigigergaji, berarti banyaknya gigi/segitita dalam satu waktu
·         pada gelombang sinus, berarti banyaknya bukit dalam satu waktu.
 Hz itu bila lama waktu ngitungnya selama 1 detik.,
contoh penerapan gelombang segitiga linear adalah pada blok vertikal tv crt. untuk menarik gambar dari atas ke bawah, dibutuhkan tegangan dari atas ke bawah yang turun perlahan sampai nol, lalu balik lagi keatas, turun perlahan sampai nol. turun perlahan secara linear, alias tidak boleh lompat lompat, harus 9,8,7,6,5,4,3,2,1,0,9,8 dan seterusnya. bila turun tangganya lompat-lompat atau ada anak tangga yang kelewatan, maka gambar PASTI cacat linear, yaitu misalnya tubuh pendek tapi kepala panjang dll.
Kegunaan bentuk gelombang berdasarkan fungsi yang paling umum sebagai berikut :

1. Sawtooth (gigi gergaji/segitiga) digunakan untuk referensi pada ADC (analog to digital converter), alat ukur (meter digital).
2. Gelombang kotak/persegi digunakan untuk clocking data digital dan transmisi data digital.
3. Gelombang sinus/cosinus digunakan untuk menggerakkan dinamo non magnet, misalnya dinamo 1 phase. karena pada dasarnya sinus adalah mewakili derajat atau putaran yang stabil.
Kegunaan gelombang gigi gergaji yang lebih luas antara lain :
1. Pengatur defleksi vertikal pada TV CRT.
2. Referensi ADC (analog to digital converter).
3. Referensi regulasi pada sistem PWM, untuk menghasilkan/menggenerasikan pulsa PWM. Pada smps yang menggunakan sistem PWM.
4. Referensi pada power audio amplifier kelas D, TD
5. Analog voltage scanner atau voltmeter.

0 Response to "FUNGSI DARI GELOMBANG SINUS, GELOMBANG KOTAK, GELOMBANG GIGI GERGAJI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel