-->


 H-AFC, FUNGSI DAN GEJALA KERUSAKANNYA

Memahami apa fungsi pulsa H.AFc dari flyback, tentu akan memberikan manfaat dalam menganalisa problem atau gejala kerusakan.





Pulsa ini kadang diberi nama lain FBP (Flyback Pulse), atau SCP (Sand Castle Pulse) karena bentuknya yg mirip bangunan Castle jika dilihat pakai osiloskop.
Pulsa Hor.AFc dari flyback dicabang menjadi 2 arah :
1) Satu kearah ic Chroma
2) Satu lagi ke aarah ic Mikrokontrol (program) .
Kalau tv sudah menggunakan Chip tunggal tentunya hanya ada satu jalur saja. Tetapi didalam ic tetap dicabang menjadi 2 arah..
Besarnya level tegangan pulsa horisontal umumnya dibatasi menggunakan sebuah zener diode (misal diode 9.1v).
Ada macam2 cara jalur H.AFc diambil dari flybak :
· Flyback mempunyai pin tersendiri buat H.Afc.
· Flyback tidak mempunyai pin-H.AFc. Pulsa diambil dari pin-Heater.
· Flyback tidak mempunyai pin-HAFc. Pulsa diambil dari Kolektor Tr Hor. Pulsa dari Kolektor levelnya sangat tinggi, maka perlu dikecilkan menggunakan sirkit “Pembagi Tegangan” yang berupa 2 buah Kapasitor (lihat contoh gambar). Cara ini bisa dijumpai pada Samsung dan Polytron.
Dalam teknik televisi fungsi pulsa H.AFC antara suatu jenis IC dengan IC lain belum tentu sama persis, tetapi secara garis besar adalah dipakai untuk :
· Sebagai kontrol Phase frekwensi horisontal pada Horisontal Osilator (H AFC.2) - Kehilangan pulsa H.AFc dapat menyebabkan gambar bergeser kekiri (contoh pada LA76810A)
· Sebagai pembangkit pulsa Sand Castle ke IC Chroma – Kehilangan pulsa ini akan menyebabkan layar gelap. Jika screen dibesarkan layar akan nyala blank disertai garis2blangking dan tidak ada OSD (contoh pada TA8690, TMPA88xx, TDA9381)
· Sebagai pulsa HS (Hor Sync) ke IC Mikrokontrol. Kehilangan pulsa ini akan menyebabkan OSD tidak muncul, karena Mikrokontrol sebagai pembangkit Karakter OSD (huruf2, angka, titik dll) membutuhkan 2 macam Pulsa, yaitu HS dan VS (Vert Sync) dari bagian Vertikal
· Sebagai pulsa kontrol untuk sirkit Pemroses warna – Cacat pada pulsa H.AFc atau ada keruskan part pada jalur ini ke IC Chroma kadang dapat menyebabkan warna kadang hilang.



Sumber: https://www.facebook.com/groups/170540293564880/

0 Response to " "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel